Banjir hadiah untuk bocah NTT pemanjat tiang bendera

REPORTED BY: Dhuha Hadiansyah

Banjir hadiah untuk bocah NTT pemanjat tiang bendera

Yohanis Gala Marschal Lau, bocah pemanjat tiang bendera pada upacara HUT Kemerdekaan ke-73 RI di Desa Silawan, Kabupaten Belu, Nusa Tenggara Timur, Jumat (17/8) tak hanya ramai mendapatkan pujian netizen tetapi juga banyak mendapatkan tawaran hadiah.

Melalui akun Instagram, pengacara tenar Hotman Paris Hutapea menawarkan "uang jajan" sebesar Rp25 juta. Lewat rekaman video, Hotman meminta bocah tersebut mengirimkan akun rekening bank orang tuanya untuk ditransfer uang guna membeli permen. Entah berapa kardus permen yang akan didapat dari uang tersebut.

Panglima TNI Hadi Tjahjanto dikabarkan akan memberikan beasiswa kepada remaja yang biasa disapa Joni itu. Masih belum cukup, PT PLN (Persero) juga berjanji akan memberikan beasiswa pendidikan hingga S1 kepada bocah yang biasa dipanggil Joni itu.

"Aksi Yohanis sangat heroik. Kami salut dengan bocah yang masih berusia 14 tahun ini. Ia akan mendapatkan beasiswa sampai dengan tingkat S1," kata Direktur Human Capital Management PT PLN Muhamad Ali dalam siaran pers di Kupang, Sabtu (18/08/2018).

Ia mengapresiasi tindakan Yohanis yang menunjukkan tindakan nyata menjunjung tinggi rasa nasionalisme dan cinta terhadap NKRI.

Untuk itu, melalui Program PLN Peduli, pelajar Kelas VII SMPN I Silawan, Kecamatan Tasifeto Timur, Kabupaten Belu itu mendapatkan beasiswa pendidikan hingga jenjang S1.

"Mulai saat ini Yohanis juga kami jadikan `Putra PLN`," kata Ali seraya menambahkan Yohanis memiliki inisiatif yang tinggi, berani mengambil keputusan dan risiko dalam waktu singkat.

"Ia bisa menjadi teladan bagi generasi muda Indonesia, karena melakukan suatu tindakan yang memiliki risiko sangat tinggi," ujarnya.

Sementara itu, Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi mengundang Joni ke Jakarta untuk menyaksikan pertandingan Asian Games.

"Saya kira enggak akan lama lah, saya akan ajak Joni ke Jakarta," kata Imam di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Jumat, sebelum pawai obor Asian Games 2018.

"Joni secara nyata tanpa ada persiapan tanpa disuruh tanpa dipaksa dan bahkan ada yang minta dia turun ternyata tekadnya tidak pupus. Sebaliknya semakin bulat dia naik ke tiang paling tinggi dan menurut saya dialah pahlawan cilik yang patut kita berikan penghargaan," sambungnya.

Yohanis diterbangkan dari Bandara El Tari Kupang pada Sabtu (18/8) sekitar pukul 08.10 WITA dengan pesawat Batik Air menuju Jakarta bersama kedua orangtuanya serta Dandim 1605/Belu Letkol CZI I Gusti Putu Dwika dan Kapolres Belu AKBP Christian Tobing.

Sebelumnya, aksi Yohanis Gala Marschal Lau memajat tiang bendera pada upacara pengibaran bendera Merah Putih di wilayah perbatasan negara dengan Timor Leste itu menyita perhatian publik dan menjadi viral di berbagai jejaring media sosial.

Yohanis merupakan anak bungsu dari 9 bersaudara, lahir di Desa Silawan pada 10 Oktober 2004, buah hati dari pasangan Victorino Fahik Marschal dan Lorenca Gama.

Kedua orangtuanya merupakan warga eks Timor Timur yang memilih menetap dan hidup di Indonesia setelah eksodus pada Agustus 1999 pascareferendum di bekas provinsi ke-27 Indonesia itu.

Yohanis akhirnya diundang secara khusus oleh Menteri Imam Nahrawi ke Jakarta dan dijanjikan untuk menonton salah satu cabang olah raga dalam perhelatan Asian Games 2018.

Rusia tuding Israel penyebab jatuh pesawat Ilyushin II-20
Rahasia menghasilkan anak seperti Sandiaga Uno
Meskipun menang pilpres, Prabowo tak bisa intervensi kasus Buni Yani
Golkar panggil caleg yang dukung Prabowo
 Fadli Zon laporkan balik Rian Ernest soal potong bebek angsa PKI
Berebut magnet Yenny Wahid
Bamsoet harap Yenny Wahid dukung Jokowi
Golkar anggap dukungan kadernya ke Prabowo bukan suara resmi partai
Forum caleg Golkar dukung Prabowo-Sandiaga Uno
Golkar nilai perempuan penentu utama, bukan objek pelengkap
Menyusui tandem butuh dukungan ayah ASI
Mardani dapat tugas kawal suara emak-emak
Menangkan Prabowo atau Buni Yani masuk bui
Anak berbohong, bagaimana mengatasinya?
Berhasil jatuhkan Ahok, Buni Yani masuk tim Prabowo
Fetching news ...